Jenis Hak Merek

Membangun merek memiliki banyak keuntungan bagi bisnis, tetapi saya hanya ingin memfokuskan bisnis yang memainkan peran terbesar dalam mendorong pendapatan dan pertumbuhan laba.

1. Membantu Menciptakan Monopoli untuk Bisnis Anda:

Setiap hari ada banyak bisnis hak merek yang dimulai dan produk diluncurkan di pasar dengan tujuan menawarkan berbagai pilihan kepada pelanggan. Intinya pasar ada di luar sana untuk semua orang memperjuangkannya. Berjuang untuk dilihat, dipertimbangkan, dan dibeli. Dengan label Anda harus terus mencoba banyak hal untuk mencapai satu atau lebih dari tujuan tersebut.

Kekuatan pasar selalu berusaha untuk mendorong produk atau perusahaan apa pun ke tingkat terendah dari kontinum merek – sebuah komoditas. Mereka mendorong merek ke label dan label ke komoditas. Itulah mengapa beberapa merek masa lalu hanyalah label.

Bisnis apa pun yang Anda geluti, Anda harus tahu bahwa lebih mudah melipatgandakan keuntungan dan pendapatan jika Anda adalah merek daripada komoditas atau label. Oleh karena itu, Anda harus mencari cara untuk menghadapi kekuatan pasar yang ingin menekan Anda. Anda dapat meminta pemerintah untuk menyatakan Anda sebagai monopoli atau Anda menggunakan satu-satunya alternatif lain untuk menciptakan bentuk kekuatan monopoli – buat merek.

Merek menjadi alat yang membantu Anda dalam menciptakan dan memiliki segmen pasar Anda. Ini membantu Anda berteman dengan pasar ini. Anda mengembangkan hubungan emosional dengannya. Ketika Anda memiliki pasar ini, maka Anda dapat melepaskan mesin pengganda bisnis di atasnya. Mesin pengganda ini beroperasi dengan logika bahwa Anda hanya dapat meningkatkan keuntungan dan pendapatan bisnis Anda dengan membuat lebih banyak orang membeli lebih banyak produk Anda, lebih sering.

Label dan komoditas harus mengeluarkan banyak uang untuk memenangkan pelanggan baru, membelanjakan lebih banyak lagi untuk mempertahankannya dan membuat mereka membeli lebih banyak. Lebih sulit dan lebih mahal untuk melepaskan mesin pengganda pada label dan hampir tidak mungkin pada komoditas.

2. Pertumbuhan melalui produk baru

Sangat sulit untuk mengembangkan bisnis apa pun di luar titik tertentu hanya pada satu penawaran produk atau lini produk. Pada titik tertentu, bahkan bagi mereka yang memiliki pasar tertentu untuk kategori produk tertentu, Anda perlu menambahkan sesuatu yang baru di lipatan Anda. Alasannya adalah selera pasar, preferensi dan keadaan yang selalu berubah sehingga membutuhkan produk baru. Pesaing akan mengejar pelanggan Anda dengan proposisi nilai yang lebih baik. Untuk merespons, Anda perlu membuat produk dan layanan baru.

Mayoritas Pemilik UKM adalah inovator yang telah membawa sesuatu yang baru ke pasar. Mereka menghargai upaya, sumber daya, dan waktu yang dibutuhkan untuk membuat produk baru berhasil. Bahkan untuk organisasi besar dengan sumber daya yang besar tidak pernah lebih mudah dan tidak ada jaminan. Itulah mengapa mereka membangun merek yang lebih siap untuk meluncurkan produk baru. Merek menawarkan beberapa tingkat jaminan kesuksesan.

Tanpa merek, mereka harus bersusah payah dan mengatasi tantangan peluncuran produk baru yang tak terhitung jumlahnya kapan pun mereka perlu memperkenalkan rasa baru, meluncurkan produk baru, melengkapi layanan, membuka toko baru, dan menambahkan fitur baru dan sebagainya. Setiap kali Anda melakukan ini, pelanggan melihat Anda sebagai orang baru. Anda tidak memiliki alasan untuk memanfaatkan pengalaman bisnis, pengetahuan pasar, kapasitas, jaringan pemasok, dll. Yang telah Anda investasikan dari waktu ke waktu. Ini sangat membatasi peluang Anda untuk sukses. Sebuah merek menjamin Anda manfaat menjadi teman lama.

‘BARU’ sebagai proposisi penjualan hanya berfungsi untuk merek tepercaya. Bagi mereka, BARU dianggap inovatif dan progresif. Untuk label dan komoditas, ‘BARU’ dipandang berisiko dan tidak berpengalaman. Segala sesuatu yang baru harus dijual, dan sebagai ahli penjualan, saya mengerti bahwa menjual adalah pekerjaan berat yang layak dilakukan hanya jika Anda harus melakukannya.

Jika Anda berada dalam bisnis teknologi, Anda menghargai seberapa cepat Anda harus menghasilkan dan mengirimkan produk baru ke pasar. Tanpa merek sebagai kendaraan yang melaluinya Anda harus memberikan inovasi baru, Anda akan ditakdirkan sejak awal.

3. Bangun Bisnis untuk Jangka Panjang

Komoditas mengalami tingkat kematian ‘anak’ yang tinggi. Label biasanya memiliki harapan hidup penciptanya. Merek memiliki kehidupannya sendiri.

Setiap pengusaha yang saya kenal memulai atau menjalankan bisnis memiliki keinginan untuk melihat bisnisnya hidup lebih lama darinya. Untuk melakukan ini, pengacara menyarankan Anda mendaftarkan bisnis Anda karena perseroan terbatas dan konsultan manajemen memberi tahu Anda untuk membuat bisnis yang bergantung pada sistem. Ini adalah nasihat yang bijaksana tetapi hanya sampai batas tertentu karena membantu memisahkan bisnis Anda dari tubuh dan pikiran Anda tetapi Anda masih berbagi jiwa.

Ketika Anda menyerahkan jiwa Anda, tubuh dan pikiran bisnis Anda tidak akan hidup terlalu lama.

Merek adalah jiwa bisnis. Itu membuatnya hidup. Itu berhenti menjadi robot yang didukung oleh dokumen hukum. Ia menjadi organisme yang dapat memiliki hubungan sendiri; itu bisa mencintai dan dicintai. Ini memiliki koneksi dengan pasarnya, karyawan, pemasok, dll.

Banyak merek besar saat ini tumbuh kuat tanpa pengusaha yang mendirikannya karena merek bukan karena perseroan terbatas atau memiliki sistem yang hebat. Bisnis bermerek adalah satu-satunya bentuk bisnis yang dapat tumbuh sendiri. Bentuk lain apa pun akan membutuhkan semangat dan kejeniusan pendiri untuk menumbuhkannya.

Jika Anda benar-benar ingin mewariskan kepada anak-anak Anda maka perlu menjadikan bisnis Anda sebuah merek.

Ketiga poin ini tidak lengkap, tetapi jika mereka akan mendorong Anda untuk lebih bertekad membangun merek atau bahkan menambahkan sedikit pengetahuan tentang subjek tersebut, maka saya senang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *