Burung Bernyanyi?

Top 5 Songbirds Of Singapore | Pets MagazineBahkan non-birders dapat menghargai nada halus dan nada merdu dari kicau burung, tetapi ini lebih dari sekedar musik untuk burung. Memahami mengapa burung bernyanyi dapat membantu birders mempelajari berbagai siklus kehidupan burung dan cara terbaik mendengarkan burung pada waktu yang berbeda dalam setahun, termasuk cara mengidentifikasi burung dengan suara dan suara .

Tentang Lagu Burung

Nyanyian burung hanyalah salah satu jenis suara yang dibuat burung, tetapi yang paling bisa dikenali. Burung memiliki vokalisasi yang sangat kompleks, seringkali dengan lebih dari satu nada yang dihasilkan secara bersamaan, berkat syrinx khusus (padanannya dengan kotak suara) yang memungkinkan mereka membuat suara independen di berbagai bagian trakea. Lagu dapat bertahan 2 hingga 10 detik atau lebih dan sering diulang dalam urutan yang panjang. Sebuah lagu umumnya lebih bermusik daripada panggilan lainnya, dan sering kali menggabungkan berbagai nada dan ritme ke dalam satu urutan yang terhubung.

Fakta Menarik

Pada banyak spesies burung, hanya burung jantan yang bernyanyi — mereka melakukannya secara mencolok dari tempat bertengger yang tinggi dan terbuka sehingga nyanyian mereka akan menempuh jarak yang lebih jauh.

Alasan Menyanyi

Burung menggunakan nyanyian untuk berbagai tujuan, tergantung pada musim dan kebutuhan masing-masing burung. Alasan paling umum burung berkicau meliputi:

    • Mengklaim dan mempertahankan wilayah: Lagu yang keras dan rumit mengiklankan kepada burung-burung terdekat bahwa wilayah tersebut sudah dihuni oleh jantan yang sehat dan aktif. Burung mana pun yang ingin menantangnya untuk wilayahnya dapat menilai peluang keberhasilannya dengan menafsirkan kekuatan dan kompleksitas lagunya.
    • Menarik pasangan: Sama seperti lagu pria yang mengiklankan batas teritorialnya kepada saingan, lagu tersebut juga membuat wanita di sekitar tahu bahwa dia kuat dan mampu mempertahankan wilayah yang baik. Kompleksitas sebuah lagu dapat menunjukkan kesehatan dan usia, karena burung yang lebih tua memiliki lebih banyak waktu untuk mempelajari nada dan nada baru, dan jumlah waktu yang dihabiskan jantan untuk bernyanyi menunjukkan ketahanannya. Hal ini membuat calon pasangan tahu bahwa dia bisa menafkahinya dan memberinya kesempatan terbaik untuk membesarkan anak ayam yang sehat.
    • Duet pacaran: Dalam ritual pacaran beberapa spesies burung, kedua jenis kelamin akan bernyanyi dalam duet kompleks yang memperkuat ikatan pasangan mereka. Interaksi dari lagu-lagu mereka dan bagaimana mereka menanggapi satu sama lain menunjukkan daya tanggap mereka dan memperkuat komitmen mereka satu sama lain. Ini juga membantu mengiklankan bahwa mereka tidak tersedia untuk burung tunggal lainnya.
  • Komunikasi umum: Meskipun burung memiliki berbagai panggilan yang digunakan untuk berbagai jenis komunikasi, lagu juga dapat digunakan untuk tujuan yang lebih umum. Lagu sederhana dan dasar mungkin memanggil pasangan ke sumber makanan baru atau memanggil mereka untuk tugas inkubasi, atau mungkin menjaga burung tetap berhubungan saat terbang.

Sementara beberapa spesies burung bernyanyi sepanjang tahun, sebagian besar lagu dinyanyikan dari akhir musim dingin hingga awal musim panas. Ini adalah waktu yang tepat ketika burung kawin dan oleh karena itu perlu mengklaim wilayah, menarik pasangan, dan memperkuat ikatan pasangan, dan nyanyian adalah bagian penting dari proses tersebut. Burung yang bernyanyi sepanjang tahun cenderung tidak bermigrasi dan oleh karena itu, masih mempertahankan wilayah mereka dan sering tetap dengan pasangan yang sama sepanjang tahun, meningkatkan kebutuhan mereka akan lagu sepanjang tahun.

Menyanyi untuk kesenangan

Beberapa ahli burung berteori bahwa burung juga bisa bernyanyi hanya untuk kesenangannya. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan karena gagasan tentang emosi burung masih belum dipahami dengan baik dan dapat menjadi kontroversial, ada kemungkinan burung menikmati nyanyiannya sendiri dan bernyanyi dengan burung lain yang responsif di dekatnya. Dalam kasus ketika burung bernyanyi tanpa masalah teritorial atau pacaran, keindahan lagu dan kenikmatan memproduksinya mungkin menjadi alasan mengapa mereka bersuara.

Latihan membuat sempurna

Sebagaimana bayi tidak dilahirkan dengan kosakata lengkap, burung tidak ditetaskan dengan kemampuan bernyanyi. Burung muda pertama-tama berlatih memohon panggilan dan nada lain untuk menarik perhatian di dalam sarang, tetapi secara bertahap belajar menyanyi dengan mendengarkan nyanyian orang tua mereka. Karena pendidikan ini, burung di wilayah geografis yang berbeda akan mempelajari nyanyian yang sedikit berbeda. Di lingkungan yang berbeda, burung bahkan belajar meniru spesies burung lain atau suara non-burung . Burung dalam keluarga Mimidae , sariawan meniru yang termasuk burung mockingbird utara, bahkan memasukkan suara mekanis seperti klakson mobil, telepon seluler, dan peralatan konstruksi ke dalam lagu mereka.

Bahaya Bernyanyi

Bernyanyi bukannya tanpa bahayanya. Dibutuhkan energi yang besar dan banyak kalori untuk menghasilkan nada yang nyaring dan jernih, dengan dan suaranya dapat dengan mudah menarik predator dan membuat penyanyi lebih rentan. Namun jika dalam kompetisi hal tersebut sangat penting, suara yang jernih dan lantang menjadi penilaian yang tinggi. Pemberian optimaxx serum juara berguna membuat Anda menjadi juaranya. Selain itu,  manfaat yang didapat burung dari kicau, termasuk wilayah utama, pasangan yang sehat, dan tempat untuk membesarkan anak-anaknya, sangat sepadan dengan risikonya. Birders juga mendapat manfaat, tidak hanya dari mengidentifikasi spesies dengan nyanyian mereka tetapi hanya menikmati lagu yang menyapa mereka setiap kali mereka mengeluarkan teropong mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *